Membuat Slime

Kegiatan khusus Miracle SchoolSpecial Needs Education (Junior Class and Teenager Class) adalah “Membuat Slime“. Kegiatan ini merupakan bagaian dari stimulasi taktil (indra peraba). Siswa/i diarahkan untuk membuat slime yang terbuat dari campuran lem, bedak bayi, body lotion, pewarna, sabun cair, dan gom (obat oles sariawan). Adapun cara membuatnya adalah pertama mengaduk semua bahan kecuali gom menjadi satu, setelah adonan tercampur rata lalu diberi cairan pengemulsi sedikit demi sedikit yaitu gom sambil diremas dengan tangan hingga membentuk slime.

Siswa/i terlihat begitu antusias ketika adonan sudah jadi berbentuk slime. Mulailah anak-anak dan guru-guru bermain dengan slime. Berbagai reaksi terlihat dari siswa/i, ada yang terlihat takut atau geli, namun adapula yang tidak mau berhenti bermain.

Kemampuan taktil (indra peraba) yang baik pada anak istimewa akan meningkatkan regulasi diri, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan kognitif. Taktil yang baik akan membantu anak mampu mengkategorikan berbagai objek benda, melatih kepekaan, dan mengeksplorasi perasaan emosi sedih, senang, dan takut. Permainan stimulasi taktil harus berhubungan dengan sentuhan pada kulit yang meliputi: rabaan, tekanan, perubahan tekstur, dan temperatur. Ayo mama dan papa, bisa mencoba membuat slime dirumah.