Kelas Workshop / Pelatihan

Dalam rangka mencari bakat dan memberikan keterampilan bagi anak-anak berkebutuhan khusus yang mulai menginjak remaja (kelas M3, Teenager1 dan Teenager2) untuk menjadi bekal mereka kelak dikemudian hari serta menumbuhkan jiwa entrepreneurship, maka mulai bulan Agustus 2017 sekolah Miracle membuka kelas Workshop atau kelas Pelatihan.

Adapun jenis-jenis kelas workshop yang kami jalankan adalah sebagai berikut :
a. Kelas Komputer
Pada tahap awal, bagi anak-anak yang “low function” dan sama sekali belum dapat menggunakan komputer, maka dikelas ini mereka dilatih cara menggunakan / mengarahkan mouse, menyalakan dan mematikan komputer serta menggunakan keyboard.
Sedangkan bagi anak-anak yang “high function” dan sudah dapat menggunakan komputer, maka mereka dilatih untuk menggambar dengan menggunakan aplikasi paint dan belajar mengetik dengan menggunakan mircosoft word.

b. Kelas Musik
Pada tahap awal, di kelas music ini anak-anak diajarkan untuk bisa melakukan imitasi ketukan dengan menggunakan alat music tamborin dan jembe. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi bagi seluruh peserta didik.

c. Kelas Keterampilan
Pada kelas keterampilan, anak-anak diajarkan cara membuat berbagai macam barang dari alat-alat yang sederhana, seperti dari sabun, stik es krim, sedotan, dll. Hasil karya mereka diharapkan suatu saat nanti dapat dijual.

d. Kelas Menggambar / Melukis
Pada kelas menggambar / melukis, anak-anak yang mampu dalam menggambar, diajarkan menggambar berbagai macam hewan dari bentuk-bentuk yang sederhana. Sedangkan untuk anak-anak yang tidak mampu menggambar, diarahkan untuk melakukan imitasi bentuk seperti menarik garis horizontal, vertical, diagonal, membuat segitiga, segiempat, mewarnai, dll

e. Kelas Berkebun
Pada tahap awal di kelas berkebun ini anak-anak diajarkan cara menanam tanaman di pot, memindahkan tanah dan menyiram tanaman.

f. Kelas Memasak
Pada tahap awal, di kelas memasak ini anak-anak diperkenalkan alat-alat memasak dan diajarkan cara mengupas wortel, kentang, memetik sayuran. Untuk tahap selanjutnya, anak-anak akan diajarkan cara membuat juice, memasak nasi ataupun menggoreng telur.

g. Kelas House Keeping
Di dalam kelas house keeping, anak-anak diajarkan untuk mencuci piring, menyapu, mengepel, membersihkan meja, melipat pakaian, memasang sarung bantal dan sarung guling, memasang seprei, dll.