Program Pendidikan

Miracle School Special Needs Education Center merupakan Sekolah Khusus yang memberikan pelayanan jasa pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (seperti : Autis, ADD/ADHD, Down Syndrome, Mental Retardasi, Global Delayed, Learning Disabilities, Sensory Procesing Disorder, dll). Adapun kurikulum program pendidikan di Miracle School dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Metode pembelajaran yang digunakan adalah Applied Behaviour Analysis yang telah dimodifikasi serta dikemas secara menarik dalam pembelajaran sehari-hari.

Siswa / siswi Miracle School diberikan layanan pendidikan yang mencakup bidang Akademik (seperti membaca, menulis dan berhitung dasar) dan Non Akademik yaitu  Keterampilan  Khusus yang meliputi  keterampilan, komputer, melukis, musik, bina diri, bercocok tanam dan memasak. Program yang dirancang khusus tersebut efektif untuk pembentukan perilaku dan karakter anak berkebutuhan khusus agar taat pada tata tertib,  memiliki pudi pekerti yang baik, bertanggung jawab, mandiri,  percaya diri dan berguna bagi lingkungan serta diharapkan agar anak didik kelak memiliki bekal khusus berupa keterampilan yang berguna bagi dirinya di kemudian hari.

Pembelajaran yang diberikan kepada anak didik dibagi dalam beberapa kelas-kelas sesuai dengan kemampuan dan umur anak, seperti :

Kelas Miracle 1 (usia 1,5 – 3 tahun) : Anak yang memiliki berbagai macam gangguan Sensory dan secara umum masih dianggap mengalami hambatan tumbuh kembang dan belum secara spesifik terdiagnosa, kecuali Down Syndrome.

Kelas Miracle 2A (usia 3 – 5 tahun) : Anak yang memiliki pemahaman yang masih sangat dasar dan perilaku yang belum terbentuk dengan baik.

Kelas Miracle 2B (usia 5 – 10 tahun ) : Anak memiliki pemahaman yang sudah lebih baik meskipun perilaku masih belum terbentuk baik.

Kelas Miracle Gold (usia 5 – 10 tahun) : Anak mengalami perkembangan yang sangat baik secara perilaku, komunikasi dan / atau akademik.

Kelas Miracle 3 (usia 10 – 15 tahun) : Anak Berkebutuhan Khusus yang memasuki fase pra Remaja dan memiliki keterbatasan dalam kemampuan kognitif dan memiliki gangguan perilaku khusus.

Kelas Teenager 1 (usia lebih dari 15 tahun) : Anak Berkebutuhan  Khusus yang memasuki fase Remaja/Dewasa dan memiliki keterbatasan dalam kemampuan kognitif, serta memiliki gangguan perilaku khusus.

Kelas Teenager 2 (usia lebih dari 15 tahun) : Anak Berkebutuhan  Khusus yang memasuki fase Remaja/Dewasa dan memiliki keterbatasan dalam kemampuan kognitif, namun memiliki kesiapan belajar serta perilaku yang sudah terbentuk baik secara emosional dan sosial dan Anak didik dipersiapkan mengikuti pelatihan kerja lapangan pada dunia usaha kerja nyata.